Ketahui Makanan Sehat Rendah Kolesterol Ini

Makanan sehat rendah kolesterol − Kolesterol tinggi merupakan salah satu hal yang sangat dihindari oleh kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang memiliki berat badan di atas normal. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol tinggi pada darah dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, jantung koroner hingga stroke. Banyak hal yang menyebabkan kolesterol dalam darah dapat meningkat, dan salah satunya adalah faktor makanan. Untuk itulah cara alami mencegah kolesterol jahat adalah dengan melakukan diet sehat dan mengkonsumsi makanan rendah kolesterol.

Ketahui Makanan Sehat Rendah Kolesterol

Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Rendah Kolesterol


Makanan sehat rendah kolesterol selain diharuskan bagi penderita kolesterol tinggi juga sangat bagus untuk program diet. Hal ini selain dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah juga akan mencegah timbulnya beragam penyakit. Selain itu makanan yang rendah kolesterol juga dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal karena minim kandungan lemak di dalamnya. Terlebih makanan ini juga kaya akan serat sehingga bagus untuk pencernaan. Jika anda menerapkan pola hidup sehat, tentulah harus mengkonsumsi makanan rendah kolesterol ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.


Aneka Makanan Rendah Kolesterol


Makanan berkolesterol tinggi pada umumnya merupakan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Sedangkan untuk makanan sehat rendah kolesterol lebih didominasi oleh makanan yang tinggi serat seperti gandum, oatmeal, beras merah, buah-buahan dan sayur-sayuran. Oatmeal dan gandum dikenal sebagai makanan yang rendah kolesterol karena mengandung beta glucan atau serat larut yang juga sangat bagus untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain kedua makanan tersebut, beras merah juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang tinggi serat dan mampu menurunkan kadar lemak dalam darah, oleh karena itu mereka yang sedang dalam program diet pada umumnya lebih memilih makanan ini sebagai sumber karbohidrat.

Makanan sehat rendah kolesterol juga terdapat dalam sayur-sayuran, seperti kacang-kacangan, seledri dan jenis sayuran lain yang kaya akan kandungan serat. Buncis merupakan salah satu sayuran yang selain kaya akan serat juga rendah kandungan lemak, dan sebagai sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuh. Selain itu apabila dikonsumsi secara teratur buncis juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat pada darah. Selain sayuran, makanan tinggi serat lainnya adalah buah-buahan seperti apel, jeruk, delima, blueberi, stroberi, lemon, toman dan buah berantioksidan lainnya.

Sedangkan untuk kebutuhan protein, anda dapat mengkonsumsi ikan atau daging yang kaya omega 3 seperti ikan tuna, ikan salmon, ataupun telur. Sedangkan untuk daging anda dapat mengkonsumsi daging rusa atau unta yang rendah lemak, ataupun daging ayam atau sapi yang tanpa lemak. Itulah beberapa makanan sehat rendah kolesterol yang dapat anda konsumsi, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: