10 Manfaat Daun Salam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh.!!!

Manfaat Daun Salam - Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan manfaat dari daun salam untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun yang sudah sangat melegenda ini, pasti sudah tidak asing lagi didengar bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga. Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak, ternyata ada manfaat lain yang dimiliki daun salam ini, penasaran?.

Pohon salam memiliki nama latin syzygium polyanthum terutama yang sering dimanfaatkan dari pohon ini adalah bagian daunnya. Apa sajakah khasiat yang dimiliki daun salam? Berikut, telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya tentang 10 manfaat daun salam untuk menjaga kesehatan tubuh.


10 Manfaat Daun Salam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh.!!!


1. Membuat Gigi Menjadi Putih dan Bersih

Ternyata pada zaman dahulu, orang-orang lebih senang menggunakan pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Bahan alami tersebut yang digunakan adalah daun salam dan kulit jeruh yang sudah dijemur kering, lalu kedua bahan itu dicampur dengan air secukupnya kemudian aduk hingga rata sampai berbentuk pasta seperti odol. Nah jadilah pasta gigi tradisional yang siap untuk digunakan.

2. Mengobati Penyakit Maag

Kalau anda saat ini sedang mengalami sakit lambung, atau orang-orang sering sebut penyakit maag, maka apakah kita pernah berpikir untuk mengatasi penyakit itu menggunakan obat-obat tradisional walau di zaman sekarang ini apapun serba instan, tapi jika anda mempunya waktu, cobalah minum rebusan daun salam setiap hari dan itu akan membuat penyakit maag anda akan hilang.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Inilah yang terkandung didalam daun salam, vitamin c yang kita ketahui bersama bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas dan serangan penyakit. Anda dapat mengolah daun salam dengan cara mencampurkan daun salam ke dalam masakan atau bisa juga diseduh sebagai teh. Untuk membuat teh daun salam ini pun cukup mudah sekali, siapkan aja 30 lembar daun salam bersihkan, lalu rebus dalam air sebanyak 4 gelas air putih, tunggu sampai mendidih hingga tersisah setengah dari air rebusan tadi biarkan hangat lalu campur dengan madu secukupnya. Teh daun salam siap untuk dihidangkan.

4. Membantu Mengobati Penyakit Diabetes

Siapa yang tidak takut dengan penyakit ini, diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan didunia. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan dari penyakit ini sebaiknya anda mulai menjaga dari pola makan anda. Daun salam bisa diandalkan sebagai solusi untuk mengobati penyakit diabetes, Anda bisa memanfaatkan hasil rebusan air daun salam untuk diminum secara rutin atau dapat juga mengonsumsi bubuk daun salam selama 1 bulan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun salam terbukti membantu memproses insulin sehingga baik bagi penderita diabetes.

5. Mengobati Diare

Diare adalah penyakit yang sangat tidak kita inginkan, nan daripada anda harus bolak balik ke belakang terus, alangkah baiknya cobalah mengobati penyakit ini menggunakan daun salam. Caranya sediakan 10 lembar daun salam rebus dengan takaran 2 gelas air putih sampai mendidih, tambahkan sedikit garam, tunggu sampai dingin barulah airnya diminum. Semoga diare anda cepat sembuh ya.

6. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Asam urat terjadi diakibatkan masalah pada gangguan persendian. Penderita asam urat biasanya merasakan sakit pada bagian sendi kaki yang disertai pembengkakan. Asam urat ini sendiri muncul diakibatkan penumpukan kandungan urin pada tubuh. Namun saat ini anda tidak perlu khawatir, karena kita bisa memanfaatkan air dari rebusan daun salam sebagai obat alternatif tradisional cara nya rebus 10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih ke dalam 5 gelas air putih hingga mendidih, minumlah air hasil rebusan 2 x sehari.

7. Pencegah Penyakit Kanker

Daun salam ternyata juga mampu mencegah penyakit kanker, karena mengandung beberapa zat seperti euganol, catechin, quercetin dan caffein yang sifat dari zat tersebut sebagai pelindung dan melawan sel kanker.

8. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan zat seperti flavonida dan tanin yang terdapat pada daun salam, dapat menjadikan sebagai obat herbal yang dapat mengobati penyakit darah tinggi dengan cara menyeduhnya sebagai teh yang telah kami sampaikan diatas.

9. Mengatasi Penyakit Stroke

Stroke terjadi akibat garis keturunan dan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Dan perlu diingat stroke juga termasuk di dalam daftar penyakit mematikan didunia. Untuk mengobati penyakit stroke anda bisa menggunakan daun salam dengan mengonsumsinya tanpa campuran apapun.

10. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah sebuah gangguan susah tidur, kebanyakan penderitanya adalah kalangan anak muda. Untuk mengatasinya cukup mudah teteskan saja ekstrak daun salam ke dalam air minum dan minumlah air tersebut. Selamat mencoba.

Baca juga:

10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya
Kumpulan Menu Buka Puasa Praktis dan Mudah

Jadi, itulah tadi beberapa informasi mengenai 10 manfaat daun salam untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda semua dan jika dirasa artikel ini penting untuk di share maka bagikanlah untuk orang lain juga.

Subscribe to receive free email updates: