10 Makanan Baik yang Mengandung Vitamin E Tinggi

Makanan yang Mengandung Vitamin E – Tubuh kita pada dasarnya memerlukan yang namanya asupan vitamin. Mulai dari vitamin A sampai dengan vitamin E memiliki peranan yang berbeda-beda bagi tubuh. Misalnya saja vitamin E yang sangat berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah oksidasi negatif dalam tubuh.

Sudah banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan vitamin E agar dapat membuat kulit pemakainya menjadi cantik dan sehat. Bahkan menurut para ahli, vitamin E sangat baik untuk melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini. Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin E tinggi.

10 Makanan Baik yang Mengandung Vitamin E Tinggi

Daftar Makanan Bervitamin E Tinggi


1. Biji bunga matahari

Apakah Anda suka konsumsi kwaci dari biji bunga matahari? Makanan yang memiliki ukuran kecil ini ternyata mengandung vitamin E sangat besar. Menurut penelitian, konsumsi kwaci sebanyak setengah gelas dapat memberikan asupan vitamin E sebanyak 82%. Tidak hanya vitamin saja, tetapi biji bunga matahari juga menyediakan mineral alami dalam bentuk selenium dan magnesium.

2. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis tanaman yang berwarna hijau berbentuk mirip tombak dengan ujung runcing. Makanan ini sangat terkenal sekali di Jepang, Amerika, dan kawasan Eropa lainnya. Di Indonesia sendiri asparagus dijadikan sebagai barang impor.

Ternyata setelah dilakukan penelitian, asparagus mengandung senyawa vitamin E yang cukup tinggi. Konsumsi 1 batang asparagus segar dapat mencukupi kebutuhan vitamin E sebanyak 18 % setiap harinya.

3. Almond

Almond termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Dalah setiap satu cup kecil kacang almond, Anda akan mendapatkan asupan vitamin E sebesar 26.2 mg.

Manfaat vitamin E pada almond ada banyak sekali. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini pada kulit, melembabkan kulit, baik untuk diet sehat, dan masih banyak lagi. Setidaknya konsumsilah kacang almond sebanyak 50 gram sehari untuk mendapatkan asupan vitamin E cukup.

4. Bayam

Makanan bervitamin E selanjutnya adalah sayur bayam. Sebenarnya tidak hanya bayam, tetapi sayur hijau lainnya juga mengandung vitamin E tinggi. Menurut para ahli, bayam menyumbang sebesar 41.4 mg asupan vitamin E.

Tidak hanya mengandung vitamin E saja, namun bayam juga memiliki kandungan flavonoid dan karotenoid. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

5. Sawi swiss

Mendengar nama ‘Sawi swiss’ mungkin masih tergolong cukup asing bagi sebagian besar dari kita. Sayuran ini memang belum populer di tanah air, namun apabila Anda ingin mendapatkannya silahkan datang ke supermarket terdekat.

Sawi swiss memiliki ciri khas batang berwarna merah dengan daun hijau tua. Sayuran jenis ini mampu memberikan asupan vitamin E sebesar 28.8 mg untuk tubuh setiap harinya. Selain itu, sawi swiss juga mengandung antioksidan dalam bentuk flavonoid yang baik untuk mencegah radikal bebas.

6. Lobak

Makanan yang mengandung vitamin E berikutnya adalah lobak. Di Indonesia lobak mungkin belum banyak dimanfaatkan sebagai sayuran, namun di negara lain seperti Jepang, Korea, dan China lobak menjadi makanan terfavorit.

Rasa yang disajikan lobak sendiri sebenarnya sangat pahit, karena dia memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Namun dibalik rasa pahitnya tersebut, lobak memiliki kandungan vitamin E yang dapat memenuhi kebutuhan 28.8 % per hari.

7. Buah bit

Buah bit memiliki bentuk yang hampir mirip dengan umbi-umbian kecil. Walaupun jarang dikonsumsi oleh seseorang, namun bit memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Para ahli mengungkapkan pada satu buah bit dapat memberikan asupan 38.7 % vitamin E setiap harinya.

Manfaat vitamin E pada buah bit tidak hanya untuk kulit saja, tetapi juga bermanfaat untuk organ mata. Kandungan vitamin E pada buah bit akan bertindak sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab degenerasi makula pada mata.

8. Kale

Di Indonesia kale dikenal dengan sebutan kalean atau kalian. Sayuran hijau ini memiliki batang cukup pendek dengan ukuran daun lebar sedang. Biasanya kale dimasak dengan cara kukus dan tumis. Menurut para pakar kesehatan, kale mampu mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 5 % setiap harinya.

Kale memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan mineral alami yang ada di dalamnya dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga imun, dan memperbaiki sel-sel rusak. Sangat disarankan bagi Anda penderita serangan jantung untuk memasak kale dengan cara mengukus, bukannya menumis.

9. Cabai

Cabai dikenal sebagai salah satu bahan masakan yang memiliki rasa sangat pedas dan hangat. Ternyata dibalik rasa pedasnya tersebut, cabai mampu mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 40 % setiap harinya. Namun usahakan jangan terlalu banyak konsumsi cabai rawit, karena bisa menyebabkan munculnya diare.

10. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu makanan bervitamin E yang sangat baik untuk mencegah segala macam penyakit tulang. Mulai dari keropos tulang, radang sendi, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah alpukat mampu memberikan sebanyak 21 % asupan vitamin E bagi tubuh setiap harinya. Bahkan kandungan seratnya yang cukup tinggi dipercaya mampu melancarkan BAB dan metabolisme dalam tubuh.

Demikian sajian informasi seputar makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Untuk mendapatkan semua manfaat diatas secara optimal, kami sarankan Anda mengonsumsinya secara rutin setiap harinya. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi terpercaya bagi Anda, salam!

Baca juga: Makanan Bayi 9 Bulan Bernutrisi Tinggi

Subscribe to receive free email updates: