Sudahkah Anda Mengkonsumsi Makanan Sehat?

Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, selain sebagai sumber energi, makanan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan pencegah penyakit. Namun semua itu dapat diperoleh apabila makanan yang kita konsumsi terbukti sehat. Lantas bagaimana kita bisa tahu makanan yang kita konsumsi telah memenuhi syarat makanan sehat?

Sudahkah Anda Mengkonsumsi Makanan Sehat?

Syarat Makanan Sehat


Makanan dapat dikatakan sebagai makanan sehat apabila telah memenuhi beberapa syarat, yang antara lain adalah gizi yang seimbang. Sehingga makanan yang kita konsumsi haruslah kandungan kalori yang cukup, mengandung vitamin, protein dengan kandungan asam amino yang lengkap, serat, serta mengandung mineral dan air.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, kita juga harus mengkonsumsinya secara seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin serta lemak. Selain syarat gizi, makanan dapat dikatakan sehat jika dapat lebih mudah dicerna oleh tubuh, bersih dari berbagai kuman dan virus, serta tidak mengandung berbagai zat kimia berbahaya, seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna buatan dan lain sebagainya.

Manfaat Makanan Sehat Untuk Tubuh


Makanan sehat memiliki beragam manfaat yang sangat besar untuk tubuh yang antara lain adalah sebagai sumber energi, menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan proses tumbuh kembang serta kecerdasan terutama untuk anak yang masih dalam proses pertumbuhan, memelihara fungsi organ tubuh dan yang tak kalah penting makanan yang sehat dan bergizi juga dapat menghindarkan kita dari beragam penyakit.

Semua manfaat tersebut dapat kita peroleh apabila makanan yang kita konsumsi telah memenuhi syarat-syarat yang telah dikemukakan di atas. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk menerapkan pola makan sehat agar lebih bugar dan selalu tampil prima.

Menu Makanan Yang Sehat Dan Bergizi


Untuk menerapkan pola hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit, yang terpenting kita bisa mengatur menu makanan secara seimbang. untuk itulah ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuat menu makanan sehat, yang antara lain adalah mengandung berbagai macam bahan makanan yang kaya nutrisi, hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Selain itu ketika anda membuat menu makanan juga harus melibatkan karbohidrat kompleks, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serat dan protein yang bebas dari kolesterol seperti ikan, susu rendah lemak, daging dan unggas. Terakhir pastikan keseimbangan kalori yang anda konsumsi, jangan sampai anda mengkonsumsi kalori yang berlebihan karena akan menjadi lemak jika tertimbun dalam tubuh.

Ketika menjalani pola hidup sehat ini, anda sesekali juga dapat menikmati makanan fast food, atau makanan lezat lainnya, namun tentu harus disertai dengan makanan sehat yang dapat menetralisir zat negatif yang terkandung didalamnya. Demikianlah informasi terkait makanan sehat yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Makanan Sehat Untuk Tubuh Kita

Subscribe to receive free email updates: