10 Pilihan Terbaik Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Makanan yang Mengandung Vitamin D – Banyak orang yang menganggap asupan vitamin D hanya dapat diperoleh dengan cara berjemur. Memang berjemur dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, namun sebenarnya mendapatkan asupan vitamin D tak hanya bisa dilakukan dengan berjemur. Beberapa makanan pun bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan vitamin D tersebut.

Vitamin D berperan penting dalam memelihara sel-sel tubuh secara optimal. Kemudian asupan vitamin tersebut akan membantu penyerapan nutrisi kalsium dalam tubuh yang diperuntukan kepada tulang, gigi, darah, dan lainnya. Tak heran, kombinasi antara vitamin D dan kalsium sangat efektif untuk meningkatkan tinggi badan. Berikut ada beberapa makanan yang mengandung vitamin D tinggi.

10 Pilihan Terbaik Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Daftar Menu Makan Bervitamin D Tinggi


1. Ikan Sarden

Sarden merupakan jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat tanah air. Biasanya ikan sarden dikemas dengan menggunakan kaleng dan didistribusikan ke swalayan-swalayan tertentu. Selain nikmat, ikan sarden juga sarat akan vitamin dan mineral alami. Menurut Wikipedia, 13 % kebutuhan B dapat terpenuhi setelah konsumsi ikan sarden. Sementara itu untuk vitamin D sendiri sebesar 25 % kebutuhan sehari. Kandungan vitamin D tersebut semakin lengkap dengan adanya mineral alami dalam bentuk kalsium dalam daging ikan sarden.

2. Ikan salmon

Ikan salmon berwarna pink menjadi salah satu makanan yang banyak disantap oleh kalangan kelas menengah keatas (elite). Rasanya yang nikmat dengan tekstur lembut menjadi alasan ikan satu ini banyak diburu dan dimasak oleh restoran besar. Tidak hanya nikmat dikonsumsi saja, tetapi ikan salmon juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi penting yang bisa kita dapatkan adalah vitamin D. Kandungan vitamin ini dipercaya mampu mencegah tulang keropos dan memberi kepadatan tulang secara optimal.

3. Ikan Halibut

Ikan halibut atau ikan sebelah merupakan ikan yang memiliki bobot hingga mencapai ukuran 200 kg, besar sekali. Ikan ini memiliki keunikan mencari makan di bawah permukaan air dengan cara bersembunyi, apabila ada mangsa mendekat dia akan langsung menyergap tanpa ampun. Satu ikan halibut bisa digunakan untuk makan sebanyak 300 orang. Dengan segudang kekayaan vitamin A dan D, ikan satu ini sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan tulang, gigi, dan mata. Bahkan kesehatan organ jantung pun tak lepas dari perlindungannya.

4. Ikan Makarel

Makanan bervitamin D tinggi selanjutnya adalah ikan makarel. Ikan ini berbentuk mirip seperti tropedo. Selain unik, ikan tersebut ternyata juga memilki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Mulai dari kandungan minyak ikan, mineral, sampai dengan vitaminnya. Kandungan vitamin D dalam ikan makarel sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya osteoporosis pada lansia yang sudah berusia 40 tahun lebih. Oleh sebab itu, sebelum terkena keropos tulang ada baiknya konsumsi ikan makarel mulai dari detik ini juga.

5. Susu kedelai original

Mungkin sudah banyak sekali yang tahu apa saja manfaat dari susu kedelai. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai dibuat dari sari kedelai yang sudah diperas hingga bersih. Susu kedelai bisa dinikmati dengan berbagai macam varian rasa, namun yang paling menyehatkan adalah susu kedelai original atau asli. Selain kaya akan kandungan protein nabati dan serat, susu kedelai ternyata juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Kandungan vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk meningkatkan tinggi badan.

6. Jamur putih

Jamur putih juga bisa dikatakan sebagai makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Menurut penelitian, kandungan vitamin D pada jamur putih mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Manfaat ini muncul lantaran selain mengandung vitamin D, jamur putih juga memiliki kandungan kalsium dan berbagai mineral alami lainnya. Manfaat jamur putih atau jamur salju tidak hanya sampai disitu saja. Berbagai studi penelitian juga telah membuktikan bahwa jamur jenis ini sangatlah efektif untuk mencegah tumor, kanker, dan bahkan berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh terhadap penyakit berbahaya.

7. Telur ayam/bebek

Telur mungkin lebih dikenal dengan kandungan protein hewaninya yang cukup tinggi. Namun selain mengandung protein, telur ternyata juga mengandung vitamin yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin A, B, D, E, dan K. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari nutrisi tersebut, para ahli menyarankan konsumsi telur minimal 2 butir dalam sehari. Kegunaan telur ini akan semakin terasa bagi Anda yang suka berolahraga atau fitness. Karena kandungan asam amino dalam telur dapat bermanfaat untuk meningkatkan masa otot yang sedang Anda bangun.

8. Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang mengandung mineral alami cukup lengkap, mulai dari kalsium hingga fosfor. Kandungan-kandungan inilah yang terkombinasi secara sempurna dengan adanya vitamin D. Menurut para ahli, konsumsi keju secara rutin bisa mencegah gigi keropos.

9. Bayam dan sayuran hijau lainnya

Bayam dan sayuran hijau lainnya dikenal sebagai sumber beragam nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam bayam cukup lengkap, mulai dari zat besi, vitamin B, D, E, antioksidan alami, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi bayam secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imun dan memelihara sel-sel dalam tubuh secara optimal.

10. Minyak Ikan Cod

Minyak hati ikan atau cod liver oil, banyak diberikan kepada hewan ternak di kawasan Skotlandia, Irlandia, dan Eropa oleh penduduk kelas bawah. Setelah dilakukan penelitian, ternyata minyak ikan tersebut memiliki beragam kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya kandungan vitamin D yang dapat mencegah munculnya serangan jantung.


Kebutuhan Vitamin D Harian


Umumnya tubuh kita memerlukan asupan vitamin D sebesar 1.000 IU atau 25 mikrogram dalam sehari. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin D dalam jumlah banyak, maka akan menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan.


Efek Samping Kekurangan Vitamin D


Ada banyak sekali efek samping yang dapat muncul karena adanya defisiensi vitamin D. Antara lain:


  • Rakitis atau pelunakan tulang pada anak-anak 
  • Melemahnya tulang pada orang dewasa 
  • Keropos pada bagian gigi dan tulang 
  • Tubuh mudah terserang penyakit, dan sebagainya.


Peringatan !!


  • Biasanya ibu hamil lebih cenderung mengalami kekurangan asupan vitamin D. Untuk memenuhinya, sangat disarankan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena apabila konsumsi asal-asalan dapat membahayakan janin dalam kandungan. 
  • Apabila Anda menderita penyakit batu ginjal, lebih baik tidak mengonsumsi makanan bervitamin D dalam jumlah berlebihan. Pasalnya, vitamin D dapat membuat kinerja ginjal jauh lebih berat dari biasanya. 
  • Jika terjadi iritasi ataupun alergi akibat makanan diatas, segera konsultasikan ke dokter atau ahli terdekat.


Baca juga: 10 Makanan Yang Dapat Mencegah Kehamilan Dini

Itulah informasi singkat seputar makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan, salam!

Subscribe to receive free email updates: