8 Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Ikan – Siapa yang tak kenal dengan ikan? Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiat ikan ada banyak sekali apabila kita dapat mengonsumsinya secara rutin. Apapun itu jenis ikannya, semua mengandung asam lemak tak jenuh sehingga membuatnya sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Manfaat ikan dapat muncul karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Kandungan gizi ikan antara lain:

- Asam lemak Omega-3 - Vitamin B2 dan vitamin D - Kalsium - Fosfor - Mineral alami: zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Bagi Anda yang sudah penasaran dengan manfaat makan ikan, silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

8 Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Makan Ikan Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mencegah penyakit jantung

Sebuah survey membuktikan, orang Eskimo yang tinggal di Greenland dan orang Jepang memiliki resiko penyakit jantung koroner yang sangat rendah. Setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, ternyata mereka sangat suka dengan konsumsi ikan. Tercatat bangsa Eskimo mengonsumsi ikan sebanyak 300-400 gram perharinya, sedangkan bangsa Jepang mengonsumsi daging ikan minimal 100-200 gram setiap harinya.

2. Mencegah kolesterol tinggi

Seorang yang sangat beresiko terkena penyakit jantung koroner biasanya memiliki kadar kolesterol diatas 300 mg/dl. Khasiat ikan untuk kolesterol dapat muncul disebabkan karena kandungan minyak omega 3 yang sangat tinggi. Minyak ikan ini bersifat tak jenuh, sehingga dapat melarutkan kolesterol-kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan pembuluh darah.

3. Ikan baik untuk diet

Apakah Anda sedang menjalani program diet? Jika benar demikian, konsumsilah ikan sebagai salah satu menu program diet Anda. Ikan tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak tinggi, sehingga cukup baik untuk mendukung program diet Anda. Bahkan kandungan vitamin dan minyak ikannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan kecerdasan otak

Omega 3 tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak saja, tetapi kandungan tersebut juga cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Agar manfaat daging ikan ini maksimal, konsumsilah sejak janin dalam masa kandungan. Kemudian berikan terus sampai dia beranjak usia belasan tahun.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, akan menjadi penyakit mematikan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini akan sangat berpotensi menyebabkan serangan jantung dan pecahnya pembuluh darah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi daging ikan yang kaya akan kandungan kalium. Kandungan mineral alami ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyumbatan.

6. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Mencegah penuaan dini pada kulit sebenarnya mudah, salah satu caranya adalah dengan Anda mengonsumsi daging ikan secara rutin. Dalam ikan terkandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab keriput, kerutan, dan tanda penuaan dini lainnya. Selain itu, daging ikan juga memiliki kandungan vitamin A yang bersifat layaknya antioksidan. Kandungan inilah yang dipercaya mampu mencegah munculnya degenerasi makula penyebab kebutaan pada mata.

7. Mengurangi resiko kanker

Penelitian telah dilakukan di Swedia dengan menggunakan 6.000 orang selama 30 tahun. Mereka semua dianjurkan untuk rutin mengonsumsi daging ikan segar, menariknya setelah cukup lama kebanyakan dari mereka mengalami resiko terkena kanker yang sangat rendah. Bahkan beberapa diantaranya terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya.

8. Mengurangi resiko terkena alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit degenerasi makula yang banyak menyerang pada lansia. Agar Anda tidak terkena penyakit tersebut, maka sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi ikan. Kandungan folat dan minyak omega 3 pada ikan dipercaya mampu meningkatkan fungsi neuron otak. Sehingga penyakit alzheimer tersebut dapat dicegah secara optimal.

Itulah beberapa manfaat makan ikan bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Usahakan memasak ikan dengan cara yang benar, supaya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tak hilang. Para ahli merekomendasikan lebih baik mengonsumsi daging ikan yang telah dikukus, karena pengukusan tidak akan membuat kandungan nutrisi di dalam ikan hilang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda, salam!

Subscribe to receive free email updates: