8 Makanan yang Mengandung Gas, Apa Sajakah Itu?

Makanan yang Mengandung Gas – Apakah Anda sering mengalami kembung? Perut kembung bisa menyebabkan seseorang banyak mengeluarkan gas kentut. Munculnya perut kembung dapat disebabkan karena Anda banyak mengonsumsi makanan bergas.

Sebenarnya manusia semua orang rata-rata bisa kentut lebih dari 20 kali, namun karena makanan tersebut bisa lebih dari itu. Jika perut kembung dan gejala kentut ingin berkurang, Anda bisa membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas. Apa sajakah itu?

8 Makanan yang Mengandung Gas, Apa Sajakah Itu?


Daftar Makanan Penghasil Gas


1. Sayur-sayuran

Kandungan gula pada beberapa jenis sayur dapat memicu munculnya gas perut saat dicerna. Seperti misalnya bawang yang mengandung fruktosa (salah satu jenis gula). Sedangkan jenis gula lain adalah rafinosa yang biasanya banyak ditemukan di asparagus, brokoli, dan kubis. Selain kandungan gula, serat terlarut pada sayur pun juga bisa meningkatkan gas dalam perut. Meski demikian, menghentikan konsumsi serat larut juga tidak baik bagi tubuh, ada baiknya Anda cukup mengurangi porsinya saja.

2. Buah

Sama halnya dengan sayur, beberapa buah yang mengandung jenis gula tertentu juga berpotensi menyebabkan munculnya gas. Jenis gula pada buah yang dapat menyebabkan perut bergas adalah sorbitol. Adapun buah-bauhan tersebut adalah buah apel, buah persik, buah pir, dan lainnya. Tidak hanya buah saja yang mengandung gula sorbitol, namun permen karet pun juga demikian. Oleh sebab itu, lebih baik batasi makan buah dan permen karet bersobitol tinggi sebisa mungkin.

3. Makanan bertepung

Tepung merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat di dalam tepung tersebut mampu meningkatkan produksi gas dalam perut. Makanan bertepung yang dimaksud antara lain seperti roti, sereal, dan pasta. Selain ketiga makanan tersebut, jagung dan kentang juga termasuk makanan berkarbohidrat yang dapat memicu gas. Meskipun nasi sebenarnya mengandung karbohidrat tinggi, akan tetapi makanan satu ini tidak banyak menimbulkan produksi gas berlebihan.

4. Susu dan produk turunannya

Susu sebenarnya merupakan sumber beragam nutrisi penting untuk tubuh. Namun karena makanan satu ini mengandung gula laktosa, maka dia masuk kedalam daftar makanan yang mengandung gas. Gas akan diproduksi lebih banyak apabila tubuh tidak memiliki enzim laktase yang cukup tinggi untuk memecah gula tersebut. Selain susu, produk turunanya pun juga berpotensi menyebabkan gas antara lain keju, yoghurt, dan es cream.

5. Oatmeals

Oatmeals termasuk kedalam makanan sehat yang biasanya banyak dikonsumsi saat sarapan pagi. Kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat membantu melancarkan BAB dan metabolisme dalam tubuh kita. Namun sayang sekali, kandungan serat tinggi itulah yang justru menyebabkan makanan satu ini berpotensi menimbulkan banyak gas. Meski demikian, Anda tidak perlu mengurangi asupan oatmeals, sebab tubuh akan toleran apabila Anda sudah lebih dulu rutin konsumsi makanan satu ini.

Baca juga: 11 Makanan Penting yang Mengandung Asam Folat dan DHA

6. Kacang

Kacang merupakan jenis makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh. Namun makanan satu ini bisa menyebabkan produksi gas bertambah. Mengapa? Karena kacang mengandung gula rafinos dan serat terlarut yang cukup tinggi, kandungan inilah yang dapat menyebabkan munculnya gas berlebih. Bagi yang hobi makan kacang, Anda tidak perlu berhenti mengonsumsi makanan ini. Agar produksi gas tidak bertambah, Anda masih bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kombinasi olahan kacang, terutama kacang tanah.

7. Soda dan minuman sejenisnya

Mungkin banyak diantara kita yang sudah tahu bahwa minuman bersoda bisa meningkatkan gas dalam perut. Kandungan gula fruktosa yang cukup tinggi dapat menyebabkan munculnya perut kembung. Gula jenis tersebut sangat culit dicerna oleh tubuh, akibatnya tubuh akan mengeluarkan banyak gas.

8. Kopi dan makanan berkafein

Selain soda, kopi pun juga dapat berpotensi menyebabkan munculnya perut kembung. Kandungan kafein yang cukup tinggi dipercaya menjadi penyebab utamanya, oleh sebab itu lebih baik kurangi konsumsi kopi sehari-hari apabila ingin terhindar dari perut kembung. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi jus buah-buahan segar yang rendah gula agar lebih sehat.

Dari beberapa makanan yang mengandung gas diatas, manakah yang sering Anda konsumsi? Yah, mulai sekarang ada baiknya Anda mengurangi asupan makanan-makanan diatas. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: