11 Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi Untuk Kesehatan, Tahukah Anda?

Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi – Kalium termasuk kedalam salah satu jenis kandungan mineral alami yang cukup baik untuk tubuh. Kalium bermanfaat sebagai elektrolit dalam tubuh yang mampu menghantarkan sinyal listrik. Mineral satu ini tidak bisa dibentuk oleh tubuh, sehingga kita harus mengonsumsi makanan berkalium tinggi agar bisa mendapatkannya.

Mineral alami kalium dapat ditemukan dari makanan jenis buah, sayur, kacang-kacangan, dan makanan lain. Menurut para ahli, orang dewasa memerlukan asupan kalium sebanyak 4700 mg/hari dan minimal 2000 mg/hari. Berikut daftar makanan yang mengandung kalium tinggi yang bisa Anda konsumsi.
Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi

Daftar Menu Makanan yang Berkalium Tinggi


1. Sukun (1065 mg/100 gram)

Sukun termasuk kedalam jenis tanaman kluwih yang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat yang ada dalam sukun sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Selain serat, sukun juga mengandung kalium tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan saraf.

2. Alpukat (975 mg/100 gram)

Banyak orang yang menghindari alpukat karena kandungan lemaknya. Padahal, alpukat sebenarnya mengandung serat tinggi yang bisa menurunkan lemak jahat. Selain itu, kandungan kaliumnya juga dipercaya mampu mengatur denyut jantung, mencegah stroke, dan masih banyak lagi.

3. Kurma (956 mg/100 gram)

Kurma merupakan buah khas Timur Tengah. Buah satu ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari kandungan serat, kalsium, kalium, dan beragam mineral alami lainnya. Dengan konsumsi kurma minimal 3-5 biji sehari dapat mencegah serangan jantung.

4. Jambu merah (655 mg/100 gram)

Jambu merah dapat mencukupi sekitar 8-10 % asupan kalium dalam tubuh. Selain mengandung kalium yang cukup tinggi, jambu merah juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah efek buruk radikal bebas. Dengan demikian, jambu merah bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal.

5. Kentang (955 mg/100 gram)

Berbicara mengenai makanan yang mengandung kalium tinggi, seakan tidak lengkap rasanya apabila tidak menyebutkan kentang. Sayur satu ini memiliki kandungan mineral kalium yang cukup besar, bahkan kandungan tersebut dipercaya mampu mencegah serangan jantung, stroke, dan hipertensi sekaligus.

6. Buncis (658 mg/100 gram)

Buncis termasuk kedalam sayur jenis kacang-kacangan yang mengandung beragam nutrisi. Salah satu kandungan nutrisi tersebut adalah kalium. Menurut para ahli kandungan mineral alami dalam buncis mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dalam tubuh secara optimal.

7. Bok Choy (631 mg/100 gram)

Bok Choy adalah salah satu jenis sayur sawi yang berasal dari China. Namun meski berasal dari China, sayuran satu ini sudah banyak ditanam di Indonesia. Kandungan kalium sebanyak 631 mg didalamnya dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh kita.

8. Kedelai (1469 mg/ 100 gram)

Biasanya kedelai diolah menjadi beragam kuliner lezat seperti tahu dan tempe. Meskipun dianggap sebagai makanan murah, tetapi sebenarnya makanan tersebut mengandung kalium cukup tinggi. Kandungan mineral kalium tersebut dipercaya mampu menjaga sistem kerja jantung agar selalu optimal.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Gas, Apasajakah Itu?

9. Kacang merah (543 mg/100 gram)

Kacang merah banyak diolah menjadi kuliner sup. Kacang jenis satu ini mampu mencukupi hampir semua kebutuhan mineral alami dalam tubuh, termasuks salah satunya adalah minerak kalium. Namun sayangnya untuk mendapatkan kacang merah sekarang ini sangat sulit, karena kita harus membeli dari luar negeri.

10. Ikan salmon (634 mg/100 gram)

Makanan berkalsium tinggi selanjutnya adalah ikan salmon. Jenis ikan satu ini memiliki kandungan kalium sekitar 643 mg per 100 gramnya. Selain bermanfaat untuk jantung dan peredaran darah, kandungan nutrisi asam folat dan DHA di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak kita.

11. Telur (169 mg/100 gram)

Telur dikenal sebagai sumber protein yang cukup tinggi. Kandungan protein tersebut berguna untuk mempercepat pembentukan sel-sel tubuh yang baru. Tidak hanya protein saja, tetapi telur juga mengandung kalium tinggi yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan kinerja rangsangan saraf tubuh.

Itulah daftar makanan yang mengandung kalium tinggi. Konsumsilah makanan-makanan diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil manfaat secara maksimal. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi.

Subscribe to receive free email updates: