10 Makanan Yang Dapat Mencegah Kehamilan Dini

Makanan Pencegah Kehamilan – Jaman dahulu orang menganggap banyak anak banyak rejeki, tetapi anggapan tersebut seakan mulai sirna dijaman yang modern seperti sekarang ini. Mengingat kini anggapan tersebut telah berubah menjadi banyak anak banyak beban ekonomi. Semakin banyak anak, tentunya tingkat beban ekonomi yang diemban oleh orang tua semakin besar. Baik itu untuk menyekolahkan, memberi makan, dan masih banyak lagi. Nah agar Anda tidak hamil dan memiliki banyak anak, konsumsilah makanan pencegah kehamilan setelah berhubungan berikut ini.

10 Makanan Yang Dapat Mencegah Kehamlian Dini

Makanan Untuk Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan


1. Buah nanas

Tidak semua buah itu dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Salah satu contohnya adalah nanas, buah ini hidup di daerah tropis yang mengandung banyak bromelain. Kandungan inilah yang bersifat panas pada janin apabila dikonsumsi. Oleh sebab itu banyak sekali ahli dan pakar kesehatan yang menganjurkan nanas untuk mencegah kehamilan.

2. Daging mentah atau setengah matang

Daging setengah matang sangatlah buruk sekali bagi kondisi kesuburan seorang wanita. Daging ini dapat mencengah kehamilan sejak trimester pertama. Akan tetapi apabila lebih dari itu, daging mentah akan sangat beresiko menimbulkan infeksi bakteri toksoplasma dan bakteri listeria. Biasanya daging setengah matang terdapat pada susi, sate, dan ayam bakar.

3. Ikan laut

Mungkin banyak yang menganggap ikan laut sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Memang ikan laut mengandung omega 3 tinggi yang baik untuk otak, tetapi ikan laut yang diambil dari perairan bermerkuri tinggi sangatlah tidak baik bagi perkembangan janin. Bahkan ikan laut dengan kandungan merkuri tinggi bisa mengakibatkan ibu hamil keguguran.

4. Alkohol

Alkohol biasanya banyak dimanfaatkan untuk mabuk. Kandungan senyawa aktif dalam alkohol ternyata dapat membuat seorang ibu gagal hamil atau mengalami keguguran. Meskipun demikian, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kesehatan ibu hamil terganggu.

5. Minuman bersoda

Berbeda dengan alkohol, minuman bersoda memiliki sifat yang lebih lembut atau bisa disebut softdrink. Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat berpotensi menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, kelebihan berat badan, dan masih banyak lagi. Bahkan konsumsi minuman bersoda seperti Sprite, coca cola, fanta, bigcola, dan lainnya dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.

6. Pepaya muda

Banyak sekali para ibu hamil yang menggunakan pepaya muda sebagai bahan masakan, terutama ketika trimester pertama. Padahal, pepaya muda mengandung enzim papain tinggi yang berpotensi menyebabkan keguguran. Kandungan enzim ini akan semakin tinggi pada pepaya muda yang masih berwarna hijau. Maka dari itu agar tidak keguguran lebih baik hindari pepaya muda mulai dari sekarang juga.

7. Kelengkeng

Kelengkeng biasanya muncul saat musim panas tiba. Buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang hamil. Mengingat kandungan senyawa yang ada dalam kelengkeng sangat berpotensi menyebabkan munculnya panas dalam tidak stabil. Kondisi inilah yang bisa mengancam kehidupan janin di dalam kandungan ibu.

8. Apel liar

Apel liar memiliki rasa yang cukup asam, manis, dan sedikit pahit. Banyak sekali ibu hamil yang mengonsumsi apel liar untuk meredakan gejala morning sickness. Akan tetapi sebenarnya apel liar sangatlah tidak baik bagi ibu hamil, konsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan keguguran.

9. Pare

Pare merupakan sayuran yang mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari mangan, magnesium, zat besi, kalium, vitamin, dan masih banyak lagi. Meskipun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi pare tidak dianjurkan untuk konsumsi ibu hamil. Mengingat pare sendiri memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan kontraksi pada rahim.

10. Hati hewan terinfeksi

Makanan pencegah kehamilan terakhir adalah hati hewan yang sudah terinfeksi. Ada baiknya mulai sekarang Anda berhenti mengonsumsi hati hewan apabila ingin kehamilan lancar. Hati hewan mengandung tinggi kolesterol yang dapat memicu keguguran kandungan. Bahkan lebih parahnya lagi bisa meningkatkan kanker rahim, tumor, berat badan, serangan jantung, dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Itulah daftar makanan pencegah kehamilan yang bisa Anda waspadai. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda seputar kehamilan, salam!

Subscribe to receive free email updates: